Kabupaten Bekasi Tertinggi Nilai Investasinya di Jawa Barat

Uncategorized312 Dilihat

Kepala DPMPSP Sutia Resmulyawan (ist)

BeTimes.id- Kabupaten Bekasi sebagai Kota/Kabupaten tertinggi nilai investasinya di Jawa Barat hingga triwulan ketiga tahun 2021 sebagaimana data dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Dengan tingginya investasi di daerah industri terbesar di Asia Tenggara ini, berpeluang meningkat dibanding tahun 2020. Bahkan, hingga triwulan ketiga periode Januari-September tahun 2021, nilai investasi di daerah ini mencapai Rp 35 triliun.
“Kabupaten Bekasi per triwulan III tahun 2021 nilai investasi mencapai Rp 35 triliun,” ujar Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu (DPMPSP) Kabupaten Bekasi Sutia Resmulyawan, Kamis (09/12/21).

Daerah ini tertinggi di Jawa Barat, disusul Kabupaten Karawang dengan nilai investasi Rp 19,9 triliun, ketiga Kota Bandung dengan nilai investasi Rp 10,1 triliun, keempat Kabupaten Bogor dengan nilai investasi Rp 8,2 triliun dan kelima Kota Bekasi dengan nilai Rp 7 triliun. “Ini membuktikan jika Kabupaten Bekasi masih menjadi lokasi investasi yang paling diminati di Indonesia,” katanya.
Dikatakan, realisasi investasi Penanaman Modal Asing (PMA) di daerah ini pada triwulan yang sama mencapai Rp 26,9 triliun dengan penyerapan tenaga kerja sebanyak 15.141orang. Sementara untuk investasi Penanam Modal Dalam Negeri (PMDN) sebesar Rp 8,1 triliun dengan penyerapan tenaga kerja mencapai 5.333 orang.

Ini membuktikan kalau pelayanan administrasi perizinan semakin baik terhadap investor yang ditunjang sarana dan prasarana seperti infrastuktur jalan yang memudahkan akses antar kawasan industri. “Mudah-mudahan sampai akhir tahun ini nilai investasi terus meningkat,” harapnya sebagaimana dikutip dari bekasikab.go.id.

Sementara itu, berdasarkan data dari BKPM tahun 2020, investasi di Kabupaten Bekasi mencapai Rp 37,3 triliun. Nilai investasi tersebut menempatkan Kabupaten Bekasi berada di urutan pertama sebagai kota/kabupaten dengan nilai investasi tertinggi di Jawa Barat pada tahun 2020.

Disusul urutan kedua, Kabupaten Karawang dengan nilai investasi Rp 16,7 triliun. Ketiga, Kota Bandung dengan nilai investasi Rp 10,6 triliun, keempat Kabupaten Bogor dengan nilai investasi Rp 9,1 triliun dan kelima Kota Depok dengan nilai Rp 7,8 triliun.
Jumlah proyek Penanaman Modal Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) tahun 2020 di Kabupaten Bekasi mencapai 6.569 dengan penyerapan jumlah tenaga kerja sebanyak 24.808 orang. (hem)

Komentar