Dirut RSUD Cabangbungin Siap Ikuti Ajang ASN Tingkat Nasional

Pemerintahan231 Dilihat

BeTimes id–Direktur RSUD Cabangbungin Kabupaten Bekasi, dr. Erni Herdiani siap mengikuti ajang Anugerah Aparatur Sipil Negara (ASN) tingkat nasional mewakili Jawa Barat di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) tahun 2023.

Dalam ajang tersebut, ia membawa inovasi unggulan Rumah Sakit Berorientasi Pelayanan (Rusa Berlian) dan melakukan berbagai persiapan secara maksimal. Mulai dari administrasi data kegiatan, evidence tentang sejauhmana dampak inovasi yang diusung, rekam jejak inovasi baik melalui media online dan cetak.

“Kami juga mengumpulkan berupa link rekam jejak digital sebagai bukti-bukti bahwa sudah sejauhmana dampak inovasinya, testimoni masyarakat, serta manfaatnya. Untuk membuktikan bahwa inovasi Rusa Berlian ini merupakan inovasi yang benar-benar dirasakan manfaatnya di masyarakat,” jelasnya Kamis (14/12).

Inovasi Rusa Berlian sendiri sudah ada sejak satu tahun lalu. Dengan tujuan meningkatkan performa rumah sakit dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

Erni menyebutkan, inovasi ini merupakan penggabungan antara inovasi yang sudah ada sebelumnya dengan inovasi baru yang telah disempurnakan dan dikombinasikan, baik dalam bidang manajemen, pelayanan medis, maupun penunjang medis. Dengan kata lain, menjadi satu keunggulan berupa inovasi yang terintegrasi, low cost dan manfaat yang besar.

“Ya, sebelumnya RSUD Cabangbungin sudah mempunyai sekitar 7 inovasi tapi hanya belum teroptimalisasi saja. Kemudian kami lakukan analisa bersama tim dan stakeholder terkait tentang inovasi apa yang kita butuhkan, akhirnya ada lagi muncul 7 inovasi lagi yang terintegrasi menjadi inovasi Rusa Berlian. Jadi inovasi lama dan baru di mix and match serta dirangkum dengan sistem yang terintegrasi menjadi satu,” ujarnya.

Menurutnya, hal terpenting dari sebuah inovasi tidak hanya sekedar seremoni saja, melainkan bisa menjadi solusi yang konkret bagi masyarakat secara luas. Karena sebuah inovasi secara terus-menerus mesti selalu ada peningkatan dan pengembangan lebih lanjut agar kualitas pelayanan kesehatan semakin baik dan prima. 

“Rencana ke depan, kami menargetkan di tahun 2024 bisa bertambah lagi inovasinya. Jadi kita juga punya milestone 5 tahun ke depan, dengan target di tahun 2028 bisa meningkatkan kinerja, performa, dan memberikan pelayanan terbaik secara step by step,” tuturnya.

Erni menuturkan, inovasi Rusa Berlian sebelumnya telah menyabet beberapa penghargaan. Di antaranya masuk dalam 3 besar kategori lomba inovasi perangkat daerah tingkat Kabupaten Bekasi, kedua masuk sebagai top 3 PNS berprestasi tingkat Jawa Barat kategori inovatif melalui inovasi Rusa Berlian.

Dirinya berharap, melalui berbagai upaya dan persiapan yang telah dilakukan bisa kembali mengukir prestasi serta mengharumkan nama baik RSUD Cabangbungin, Kabupaten Bekasi dan Provinsi Jawa Barat di kancah nasional. Serta bisa menjadi inspirasi para ASN dalam memberikan pelayanan publik yang terbaik.

“Mohon doanya dari seluruh masyarakat pada ajang Anugerah ASN tingkat nasional. Inovasi Rusa Berlian ini kami persembahkan untuk seluruh masyarakat Kabupaten Bekasi dan mudah-mudahan semua masyarakat Kabupaten Bekasi mendoakan kami, sehingga bisa berhasil di tingkat nasional,” harapnya.

Erni menambahkan, inovasi Rusa Berlian, telah meningkatkan performa kinerja RSUD Cabangbungin. Hal ini dapat dilihat dari beberapa indikator.

“Diantaranya adanya peningkatan pendapatan rumah sakit dengan sangat signifikan yang saat ini sudah meningkat 6 kali lipat dari tahun sebelumnya. Dengan Bed Occupancy Rate (BOR) saat ini 60 persen dan dari hasil survey kepuasan masyarakat saat ini telah mencapai 88,53 persen (sangat baik).(***)

Komentar