Bimbing Tata Kelola dan Proses Bisnis Statistik Perangkat Daerah  

Pemerintahan49 Dilihat

Kepala Diskominfosantik Kabupaten Bekasi, Yan Yan Akhmad Kurnia pada acara penyusunan tata kelola dan proses bisnis statistik sektoral
BeTimes.id–Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfosantik) Kabupaten Bekasi melalui Bidang Statistik menggelar penyusunan tata kelola dan proses bisnis statistik sektoral pada perangkat daerah, di Hotel Grand Zuri, Cikarang Selatan, Kamis (25/4).

Narasumber yang dihadirkan Kepala Bidang Statistik Diskominfo Jawa Barat, Indah Lesmini dan Project Officer Digital Service Provinsi Jawa Barat, Rohmat Hidayat serta BPS Kabupaten Bekasi.

Kepala Diskominfosantik Kabupaten Bekasi, Yan Yan Akhmad Kurnia mengatakan kegiatan ini  dalam rangka membimbing tata kelola data di setiap perangkat daerah seputar standarisasi, maupun proses bisnisnya.

“Karena pengelolaan data itu kan tidak hanya kegiatan yang sifatnya spontanitas, tetapi harus terencana, prosesnya harus teratur dan ada standar bakunya. Karena itu sekarang kita coba bimbing perangkat daerah dalam hal data statistik sektoral,” jelasnya usai membuka acara.

Selain itu, sambungnya, dalam pengelolaan data statistik sektoral, ada data yang sifatnya berhubungan (relasi) maupun kolaborasi antar perangkat daerah. Sehingga diperlukan tata cara bagaimana proses pengaturannya berjalan secara baik.

“Makanya itu harus tercermin di peta proses bisnis,” tuturnya.

Proses bisnis ini juga menjadi salah satu indikator bagaimana peningkatan Reformasi Birokrasi (RB) yang berkaitan dengan pengelolaan data sektoral di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bekasi.

“Sehingga kalau ini bisa kita tata bisa meningkatkan nilai Evaluasi Penyelenggara Statistik Sektoral (EPSS). Ketika EPSS bagus nanti akan berdampak pada penilaian Reformasi Birokrasi,” pungkasnya.

Kepala Bidang Statistik Diskominfosantik Kabupaten Bekasi, Intan Komala menambahkan para peserta diberikan pemahaman kaitan tata kelola oleh narasumber yang mumpuni, dari Bidang Statistik Diskominfo, Jabar Digital Service, dan BPS Kabupaten Bekasi.

Nantinya, pada setiap tahun, pengelolaan statistik ini akan dinilai melalui Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) yaitu sebuah program komputer yang dipakai untuk analisis statistik.

“Jadi nanti bisa untuk meningkatkan RB-nya. Perangkat daerah di sini kita bimbing agar proses tata kelola statistik berjalan baik dan benar, nanti ada penilaian SPSS setiap tahunnya, sekarang mereka kita bina,” jelasnya. (***)

Komentar