Tanggulangi TBC, Sesuai Perpres Pemda Perlu Bentuk TP2TB

Pemerintahan76 Dilihat

Pemerintah Kabupaten Bekasi mengikuti Rapat Koordinasi Penanggulangan Tuberkulosis (TBC) yang diselenggarakan Kementerian Dalam Negeri

BeTimes.id–Plh Bupati Bekasi, Iyan Priyatna, mengatakan sesuai Peraturan Presiden (Perpres) No. 67 Tahun 2021, pemerintah daerah perlu membentuk Tim Percepatan Penanggulangan Tuberkulosis (TP2TB) sebagai bentuk keseriusan  menanggulangi TBC.

Hal itu, dikatakannya usai mengikuti Rapat Koordinasi  Penanggulangan Tuberkulosis (TBC) yang diselenggarakan  Kementerian Dalam Negeri secara daring di Ruang Command Center Diskominfosantik Kabupaten Bekasi, Senin (10/6).

‚ÄúPemerintah Kabupaten Bekasi akan membentuk  TP2TB, sebagai upaya penangulangan  kasus TBC yang masih tinggi di tengah masyarakat, katanya.

Dikatakan, Kabupaten Bekasi saat ini masuk lima tertinggi kasus TBC di tingkat Provinsi Jawa Barat. Karena itu Pemkab Bekasi bekomitmen untuk menurunkan prevalensi TBC tersebut.

TP2TB Kabupaten Bekasi akan dibentuk melalui Peraturan Bupati (Perbup) untuk mengoptimalkan penanganan kasus TBC di wilayah Kabupaten Bekasi.

“Para Camat se-Kabupaten Bekasi diberikan tugas untuk memonitoring wilayahnya masing-masing, sehingga diharapkan dapat menurunkan angka kasus TBC,” terangnya.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menjelaskan, dampak dari penyakit TBC bersifat multidimensi, tidak hanya pada kesehatan, namun juga secara psikologis, sosial dan ekonomi. 

“Oleh karena itu, selain memastikan akses terhadap layanan kesehatan, kebijakan mitigasi biaya dan perlindungan finansial tambahan juga harus diberikan untuk melindungi masyarakat miskin dan rentan miskin yang terdampak TBC,” ujarnya.

Menko PMK menjelaskan, untuk menangani multidimensi TBC, penanganan yang dilakukan pemerintah dimulai dengan screening dan tracking penderita untuk mendapatkan intervensi pengobatan dan beberapa daerah juga telah melakukan jemput bola dengan skrining mobile. (***)

Komentar