12 Orang Bakal Calkades Ikuti Tahapan Seleksi Maju Pilkades

Uncategorized388 Dilihat

BeTimes.id-Sebanyak 12 Calon Kepala Desa (Calkades) mengikuti seleksi yang dilakukan  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa  (DPMD) di Hotel Santika, Kecamatan Cikarang Selatan, Minggu (15/03). 

Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja yang membuka kegiatan itu,  menyampaikan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara langsung merupakan pelaksanaan kedaulatan rakyat di Desa bersifat, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil. 

“Kegiatan  ini sebagai implementasi dari rangkaian tahapan Pemilihan Bakal Calon Kepala Desa tahun 2020,” ucapnya.

Dikatakan, sebanyak 12 calon peserta yang mengikuti Pilkades di  Desa Tanjungsari, Kecamatan Cikarang Utara, dan Desa Karangrahayu, Kecamatan Karang Bahagia.

“Ada dua desa di Kabupaten Bekasi dan di dua kecamatan, yang memang calonnya lebih dari 5 orang. Maka dari itu harus ada seleksi,” jelas  Eka.

Bupati Bekasi ini juga yakin dan percaya, jika tujuan para bakal Calkades ini adalah  positif, yakni untuk membangun dan memberikan yang terbak bagi Desanya.

“Saya yakin, para Kades ini  ingin memberikan yang terbaik bagi Desanya, tetapi perlu diingat. Untuk menjadi Kepala Desa, ada mekanismenya, salah satnya yaitu melalui pemilihan Kepala Desa ini,” katanya.

Eka juga menghimbau, kepada seluruh bakal Calkades di Kabupaten Bekasi supaya  ikut membantu menjaga Kegiatan Seleksi Bakal Calon Kepala Desa Tahun 2020 ini berjalan dengan lancar dan tertib, dengan harapan dapat memberikan hasil yang maksimal.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga menyampaikan  langkah Pemkab Bekasi terhadap penyebaran Covid-19, ia  meminta para bakal Calkades turut membantu Pemkab dalam menjaga suasana agar tetap kondusif.

“Saya baru saja mengeluarkan edaran mengenai Covid-19 di Kabupaten Bekasi. Di situ juga saya menghimbau untuk mengurangi aktifitas di luar rumah. Jadi saya harap agar para bakal calkades  dapat menghimbau para pendukungnya untuk menjaga suasana agar tetap kondusif,” himbaunya.

Bupati Bekasi meminta untuk para bakal calkades dapat menerima dengan jiwa yang besar apapun hasil keputusan yang diberikan dari Tim Seleksi nantinya. “Saya minta Tim Seleksi dapat bekerja dengan maksimal dan menjaga netralitas. Dan jika ada  calkades  yang belum berhasil, diharapkan dapat menyikapinya dengan berjiwa besar,” tandasnya.

Acara ini berlangsung selama 2 hari, mulai  tanggal 15 Maret hingga 16 Maret 2020, diawali seleksi tertulis dan wawancara, dan dilanjutkan  paripurna dari Tim Independen untuk menyampaikan hasil seleksi. (hem)

Komentar