Anggota Komisi IV DPRD Fatma Hanum Minta Pengusaha  Laporkan Lowongan Kerja ke Dinasker

Advertorial279 Dilihat

Fatma Hanum.SPD

BeTimes.id-Para pengusaha baik di kawasan dan zona industri di Kabupaten Bekasi diminta supaya memberikan informasi laporan tenaga kerja setiap saat ke Dinas Tenaga Kerja setempat.

Laporan itu sangat dibutuhkan agar mudah diakses hingga tenaga kerja lokal mengetahui adanya lowongan kerja itu.

Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Bekasi, Fatma Hanum.SPDI  mengatakan, dengan informasi laporan tenaga kerja itu, diharapkan calon tenaga kerja bisa segera disalurkan sesuai kebutuhannya. Sebab, selama ini, sebagian besar perusahaan tidak melaporkan lowongan kerja di perusahaannya. “Saya menghimbau agar perusahaan selalu melaporkan kebutuhan tenaga kerja ke Disnaker, sehingga bisa diketahui calon tenaga kerja,” katanya.

Diakui, akibat  pandemi Covid-19, banyak perusahaan yang terpaksa mem-PHK karyawannya, karena produksinya berkurang. Bahkan ada yang tutup, sehingga semua karyawan berhenti kerja. Hingga paska Covid-19, kondisi belum pulih, dan industri pun baru bergerak kembali, sehingga pengangguran di daerah ini masih cukup banyak, baik karena PHK maupun yang baru lulus sekolah.

Mereka terkadang sulit mendapatkan informasi lowongan kerja. Makanya, para pengusaha diharapkan menginformasi lowongan kerjanya ke Dinas Tenaga Kerja (Disnaker), sehingga Disnaker bisa mengumumkannya dan manyalurkan calon tenaga kerja itu, katanya.

Dakui, Disnaker Kabupaten Bekasi telah melakukan berbagai terobosan  dalam upaya mengurangi pengangguran sebagai dampak Covid-19. Terobosan itu, di antaranya membentuk  Tim Koordinasi Percepatan Penanggulangan Pengangguran (TKP3) yang diharapkan  mampu menjawab  persoalan  yang efektif membangun program pelatihan kompetensi, pelatihan kewirausahaan mandiri, penyerapan tenaga kerja lokal, serta hubungan industri pancasila.

Pihaknya terus memantau upaya yang dilakukan Disnaker Kabupaten Bekasi, terkait penyerapan tenaga kerja itu. Para pengusaha melalui  Asosiasi Pengusaha Indonesia  (APINDO) dan beberapa  Stakeholder terus berusaha agar pengangguran di daerah ini terus berkurang secara signifikan. “Yang jelas, sejauh ini sudah ada upaya keras yang dilakukan Disnaker,” katanya. 

Politisi PKS ini, mengapresiasi upaya yang sudah dilakukan, namun harus terus ditingkatkan. Dan harus diupayakan agar para pengusaha terbuka dengan lowongan kerja di perusahaannya. Tenaga kerja lokal diharapkan  lebih besar peluangnya, sekalipun tidak ada batasan bagi pelamar dari luar daerah.

Menyinggung tentang pelatihan kerja, dikatakan Balai Latihan Kerja (BLK) sejauh ini sudah melakukan pelatihan berbagai bidang, sehingga ketika ada lowongan kerja, maka sudah siap. Karena perusahaan, butuh tenaga siap kerja. (advertorial)

Komentar