Polres Metro Bekasi Gelar Sispamkota Operasi Mantap Brata

Hukum185 Dilihat

Polres Metro Bekasi menggelar Sispamkota Operasi Mantap Brata Tahun 2023 – 2024

BeTimes.id– Polres Metro Bekasi menggelar simulasi sistem pengamanan dalam kota (Sispamkota) Operasi Mantap Brata Tahun 2023 – 2024 sebagai  persiapan pengamanan Pemilu dan Pilkada, sehingga terjaga kondusifitas untuk menciptakan yang aman tentram dan damai di  lingkungan masyarakat Kabupaten Bekasi.

Sispamkota ini dihadiri Pj Bupati Bekasi, Dani Ramdan bersama Kapolres Metro Bekasi Kombes Pol. Twedi Aditya Bennyahdi, Dandim 0509 Kabupaten Bekasi Letkol Inf. Danang Waluyo serta Unsur Forkopimda di Lapangan Plaza Pemkab Bekasi, Cikarang Pusat,  Senin (16/10).

Pj Bupati Bekasi, Dani Ramdan mengatakan  Sispamkota diikuti jajaran  Polres Metro Bekasi,  Kodim 0509 Kabupaten Bekasi, Satpol-PP dan  melibatkan  KPU dan Bawaslu, sehingga simulasi  ini sesuai tahapan Pemilu bahwa jajaran TNI-Polri bersama Pemda siap untuk menciptakan situasi yang kondusif.

“Sispamkota ini disimulasikan ketika dari mulai  pengiriman logistik, pemungutan surat suara hingga penghitungan. Dalam simulasi tersebut terjadi situasi yang tidak diharapkan, tentu untuk memberikan rasa aman tentram bagi masyarakat bahwa aparat kita siap,” ungkap Dani Ramdan.

Ditambahkan,  upaya secara preventif harus diutamakan. Masyarakat juga diharapkan bisa menjaga diri dan keluarganya agar tidak mudah terprovokasi dengan lingkungan sekitar khususnya pada momentum pemilihan.

Pj Bupati Bekasi juga menginstuksikan Satpol-PP dan Linmas di tiap Kecamatan dan Desa dan Kelurahan  menyampaikan sosialisasi kepada masyarakat agar meningkatkan kesadaran bahwa Pemilu harus damai.

Sementara itu, Kapolres Metro Bekasi, Kombes Pol Twedi Aditya Bennyahdi menyampaikan dalam simulasi Sispamkota Operasi Mantap Brata Tahun 2023 – 2024, pihaknya bersinergi dengan Kodim 0509 Kabupaten Bekasi dan pemerintah daerah..

“Pelatihan ini ditunjukkan bagaimana pengamanan dari TNI dan pengamanan dari pemerintah daerah bersinergi mulai dari pengiriman kotak suara dari kantor KPUD ke PPK, kemudian dari PPK ke PPS hingga ke TPS dan kembali lagi ke PPK dan kembali ke KPUD untuk mengawal rangkaian tahapan Pemilu,” jelasnya.

Kapolres  memastikan seluruh TPS akan dikerahkan anggota Polri-TNI bersama Satpol-PP dan Linmas. Anggota juga  melakukan pengamanan di kantor KPUD, kantor Bawaslu hingga di setiap desa dan kecamatan, bahkan di Komplek Pemkab Bekasi.

“Kita petakan dulu tingkat kerawanan di masing-masing TPS, baru kita bikin pola pengamanannya sekarang fokus persiapan pengamanan pendaftaran, setelah itu pengamanan kampanye mendekati bulan Februari akan kami umumkan kesiapan pengamanan TPS,” katanya. (***)

Komentar