Pemerintah Pusat Berdayakan Masyarakat di Sektor Informal TKM

Pemerintahan344 Dilihat

Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan

BeTimes.id–Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan  menjelaskan, Pemerintah Pusat melalui Kementerian Ketenagakerjaan  memfasilitasi pelatihan, penyerapan, penyaluran tenaga kerja ke sektor formal khususnya manufaktur, juga memberdayakan masyarakat di sektor informal yakni di Tenaga Kerja Mandiri (TKM) ini.

Program kewirausahaan TKM yang dijalankan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) Republik Indonesia, sebagai salahsatu strategi untuk mengurangi pengangguran dengan menciptakan lapangan pekerjaan baru dari sektor wirausaha.

“Kami tadi melihat, ini juga sebagai bagian penting. Karena tidak semua pencari kerja bisa ditampung di sektor manufaktur atau formal. Maka melalui TKM yang dikuatkan dengan pendampingan Tenaga Kerja Sukarela (TKS). Ini saya kira sebuah gagasan dan program yg bagus,” jelas Dani Ramdan usai menghadiri acara Pembekalan Tenaga Kerja Sukarela Pendamping TKM Pemula, di Hotel Nuanza, Rabu (11/10).

Menurutnya, program yang digulirkan oleh Kementerian Ketenagakerjaan ini dapat dijalankan dan dimanfaatkan dengan baik oleh Pemerintah Kabupaten Bekasi untuk menambah penyerapan tenaga kerja. Mengingat angkatan kerja yang ada begitu besar dan pengangguran masih tinggi, sementara daya tampung di sektor formal terbatas.

“Kita kuatkan di sektor informal atau UMKM dengan berbagai cara, salah satunya penguatan pasar, perluasan pasar, dengan Bebeli. Mewajibkan para ASN dan dinas-dinas belanja UMKM lokal lalu juga masyarakat bekasi didorong supaya belanjanya produk UMKM lokal, penyiapan gerai-gerai UMKM di toko modern dan itu semua berdampak pada pertumbuhan UMKM yang cukup signifikan,” jelasnya.

Komentar